Nyata Mu Adalah Wujud Ku,Ada Mu Adalah Yakin Ku.

Selasa, 11 Juli 2017

HANTU BANYU DARI KALIMANTAN SELATAN


Bagi masyarakat Banjarmasin pasti tidak asing dengan makhluk halus yang satu ini yaitu hantu banyu (hantu air). 
Hantu Banyu dipercaya berwujud seperti tikar yang terdapat di dalam air. Biasanya tinggal sungai-sungai dan sewaktu-waktu muncul kepermukaan menghantui orang-orang yang melewati perairan tempat hantu ini tinggal.
Cara hantu banyu mendapatkan tumbal biasanya dengan menggulung manusia yang berenang dan menenggelamkannya. Kadang-kadang hantu banyu juga digambarkan sebagai sosok makhluk seperti labi-labi. Tidak hanya di sungai, hantu ini juga terkadang muncul di danau.
Menurut kisah dari warga yang tinggal di daerah sekitar sungai , apabila suatu perairan didiami hantu banyu, maka air di permukaannya terasa hangat. Tapi di dalamnya, air tetap dingin.
Ciri-ciri lain adalah air di permukaannya tenang, tapi di dalamnya air berputar-putar.
Selain menyerang orang yang sedang berenang, hantu banyu juga menyerang orang yang berperahu diatasnya. Dengan rambutnya yang panjang dan mirip sotong, hantu ini mampu membuat sebuah perahu terbalik dan karam.

2 komentar:

  1. Hantu Banyu dari Palembang, tepatnya di sungai Musi, bahkan banyak yg sudah menjadi korban disana, tolong jangan mengadopsi cerita dari daerah lain hanya untuk menjadi terkenal :)

    BalasHapus
  2. Dikalimantan juga ada hantu bany bro...

    BalasHapus